Rabu, 20 Mei 2015

WONDERFULL BAJAWA


“Bumi ini milik siapapun yang mau berhenti sejenak dari rutinitas,melihat2 alam lalu meneruskan perjalanan”
WONDERFULL BAJAWA
Setelah berhasil ke Kelimutu,kakiku gatal kabelet traveling!Rasa Ruarrr biasa yang menghinggap ketika aku di Puncak Kelimutu,dan Allah menunjukkan kebesaranNYA,benar – benar membuatku penasaran dengan tempat tempat lainnya.Aku mulai googling tempat2 destinasi yang must be visited,membaca blog blog perjalanan,rasanya seolah aku ikut dalam tiap cerita perjalanan mereka.
Tanpa pusing2 dengan siapa aku harus menuju,selama masih di NTT aku punya EB4137 MB si gagah Merah Hitam yang dengan sukacita menemani perjalananku,many thanks “M’!
Ke Bajawa kitaaaa!Memilih jalur PANTURA, Maumere – Ende- Mbay – Bajawa,lintas 4 kabupaten sekaligus euyyy,bokongku serasa triplex sekaligus,heheheh
Tak ada bayangan jalur jalan,hanya bermodalkan GPS gadget dan GPS ramah sepanjang jalan,laju Yamaha kami ok ok saja.
Jalan rusak parah
Pantura


Pantura

Mataloko

Sabana  MBay

Ende

Manulalu Panorama
,mulus berliku,terjebak hujan,tak surutkan niat!Landscape sepanjang perjalanan menjadi obat lelah yang mujarab.
Pertama terpukau dengan padang sabana MBAY,tampak kab baru kab Nagekeo dari di dataran rendah,tak lupa jeprat jepret sejenak.8 jam perjalanan sembari bercanda,tak terasa sampailah kami di Bajawa.Gunung INERIA kokoh menjulang.
Sempat salah jalan ke Bena,namun ramahnya GPS kembali mengantar kami hingga ke puncak Bena,,melepas lelah di MANU LALU PANORAMA,di ketinggian sekian ribu meter,selayaknya gardu pandang,dari sisi ini kota Bajawa terlihat indah di lembah,dikeliling bukit2,kabut merayap perlahan,INDAH!Dinginnya menyejukkan hati,BAJAWA luar biasa bersahabat.Dilanjutkan ke KAMPUNG ADAT BENA,
pemukiman yang masih mempertahankan  budaya dan kearifan lokal, batu batu zaman Paleolitikum atau apalah namanya di pelajaran Sejarah dulu.
Semuanya masih terjaga dengan baik.Yang menarik,ada spanduk Taman Bacaan Pelangi milik ka Nilla Tansil Peterson,perempuan muda idolaku,penuh inspirasi,yang telah banyak sumbangsihnya mendistribusikan buku buku bagi anak2 di daerah pedalaman.Selalu ada pelajaran yang menyentuh dari setiap perjalan baru,aku harus bisa melakukan banyak hal baik selagi bisa selayaknya dia!
Setelah puas menikmati alam BENA,kami menuju kota Bajawa,sholat di masjid yang bersebelahan dengan gereja,tapi suasana religinya dapat banget,.Damaiiii,
Menginap di losmen sederhana milik Pak Haji yang tak asing bagi teman2 di PA Bajawa,Alhamdulillah,losmen penuh pesan iman,disuguhkan teh hangat dn penganan dari Ibu Haji,bercerita akan sederhananya Jogja,malam berlalu dan letihpun hilang.
Beranjangsana ke Pengadilan Negeri Bajawa,dioleh2in Kopi Arabika Bajawa oleh Ade Francis,adik semesterku di POLTEK NEGERI KUPANG dan jadi rekan sepasukan pengelola anggaran di Pengadilan,dunia itu sempit yaaa...
Esok pagi,Subuh lebih awal dan kembali pulang sekalian singgah dirute2 jalur pulang,pilihan jatuh ke sumber air panas MANGGARUDA,SoA!Singgah sejenak dan berfotoria di Mataloko,Seminari Tinggi Yoh.Berkmans.Kabut pagi,.dinginn,namun suasananya begitu menyentuh segarnya jiwa,aroma kopi tajam memikat diantara ramainya pasar pagi yang membelah jalan Mataloko.
I’m defenitelly come again,someday somehow..
Tiba di Boawae,kami melaju ke MANGGARUDA,.
dan Ya Allah,sungguh besar kuasaMU.Sumber air panas itu telihat begitu sejuk,
jernih di antara rerimbunan daun2 dan pohon2 yang terurus,batu2 indah tertimpa air panas,memucatkan warnanya terlihat seperti batu2 skalaktit.Jangan salahhhhh,indah dilihat tapi tidak untuk cebur2an jika tak ingin melepuh seluruh badan,hehehehe.
Tak ada yang sia sia,lelah terbayar,perjalan pulang singgah sejenak di musholah kecil di Ende.ada yang tertinggal jamnya di Musholah,hehehhe
Thakyou 4 d’nice trip,Bos!

                        Tarif Losmen/kamar/malam : Rp.75.000,-
                        Tiket masuk Manggaruda       : Rp.20.000,-
                        Transport                                :Pastikan bensin motor Anda full sebelum berpindah ke SPBU berikutnya,ok?!


#@ndRomeda#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar