Rabu, 20 Mei 2015

AMAZING ENDE

“Orang – orang bepergian karena mereka jadi belajar banyak hal2 yang tidak bisa mereka dapatkan dengan cara lain “
 Selepas Subuh,,hari yang cerah untuk jiwa bebas..
Bahwa saya patut  bersyukur karena memiliki banyak teman,sanak,rekan, dan keluarga besar Pengadilan dimana – mana.
Kelimutu yang selalu hadir diangan beberapa waktu terakhir,akhirnya tanpa rencana kunikmati juga udara pagi di hamparan pinus,dan 3 kawah berbeda warna.
Berawal dari kegiatan kantor diKupang,aku memilih menginap diruMah sahabatku Hana Ratuloly.

3 hari kegiatan dan sore itu Hana iseng menawarkanku bagaiamana jika ikut ke Ende bersamanya,dia ditugaskan kantornya melakukan rekonsiliasi di KPPN Ende.Tanpa pikir panjang kuiyakan tawarannya,karena dengan demikian aku tak perlu susah2 harus berpikir nginap dimana diriku!
Esokpun tiba,.sampailah kami di Bandara H Hasan Aeroboesman
,dengan budget PT Taspen,.hotel tempat kami menginap adalah hoter terbaik di Ende,hotel GB yang letaknya tak jauh dari bandara dan persis depan KPPN Ende,memudahkan ibu Hana bertugas.
Aku seh asyek asyek aja,dimanapun kami menginap,kan gratis diriku,.hehehhe
Memudahkan jalanku,pertama n utama,berkunjung ke Pengadilan Negeri Ende,yang waktu itu KPNnya adalah salah 1 puta terbaik ADONARA.Aku sedang tak mujur,Beliau sedang turun lapangan ada eksekusi.
Meski demikian,selalu ada cinta dimana mana,di PN Ende ada adik ipar dari Bendahara kesayanganku di PN SoE Akang Nahum yang tulus, bahkan sudah kabarkan adiknya bahwa aku akan berkunjung ke Ende,dan tanpa menungguku memperkenalkan diri,Kaka itu langsung membawaku ke rumah,berbagi cerita,bertemu anak2 Akang Nahum,dan mengatur rute berkeliling kami dalam 2 hari full.
Yang tak bisa kulupakan dari perjalananku ke Kelimutu adalah bahwa jika tekadmu sekuat baja,hujan angin bahkan apapun itu,.cukup PERCAYA bahwa alam akan memebrimu kesempatan menikmatinya,jangan luruh semangatmu!
Macet di KM 17
Ende Maumere adalah pemandangan yang biasa saat musim hujan,longsor ditepi jurang dengan lluas jalan tak seberapa benar2 bikin deg2an.
Tiba di Moni,kembali lagi disuguhkan kebaikan dari Allah,pemilik homestay
itu merasa tak asing dengan wajahku,usut punya usut ternyata dia Ka Jimmi,tetangga Nana Dosenku di Pasir Panjang,1 lagi kemudahan yg buatku tidur nyaman hingga Subuh.
Pkl 04.00 pagi,beranjak ke Kelimutu,modal nekat!hujan gerimis,sesampai di area puncak,kabut menutupi penglihatan,dimana mana buntu.
Banyak turis yang memilih pulang karena tak bisa melangkah ke puncak kawah tapi,aku bersabar!
Dalam hati kuikrarkan,harus ada Matahari,HARUS!aku sudah sejauh ini,bahkan 5 menitpun tak apa.Saya anak Lamaholot,anak dari tanah ini,bukankah ribuan orang dari sekian belahan dunia bisa menikmatinya,tak mungkin aku dibiarkan pulang tanpa melihat keajaiaban yang sudah kusalami dengan jejak kakiku.
Wallauhalam!10 menit tak sampai,Fajarpun muncul dengan gagah,
ditemani adiknya Akang dan pasangan bule dari Swiss,
naiklah kami ke tugu,titik pandang danau 3 warna ini.
SUBHANNALLAH,Kelimutu dalam pantulan sunrise,awan yang berarak liar,pinus pinus basah berkabut,semua bebanku hilang seketika,hanya ada takjub akan indahnya karyaNYA,ALLAHU AKBAR!
Emak emak bersarung
menjual teh jahe berbicara dalam bahasa inggris seadanya menawarkan minuman pada turis.Ya Allah sungguh indah irama pagi itu.
Dari Kelimutu,dilanjutkan ke rumah pengasingan BUNG KARNO,
SMA Surya Dikara,menghabiskan malam di Monumen Pancansila,,menikmati segelasjuice alpukat bersama Hana dan abang Barra Patiradja.
Setelah 2 hari,kembali ke Kupang dan pulang ke Lembata.
Di hari hari berikutnya ende selalu jadi tempat singgah yang nyaman ketika aku sedag trip Flores bersama travelmateku.

Kampung Adat Wologai
Sering menghabiskan waktu bersendagurau di sawah2 Detusoko,mengagumi Bapa pemilik warung kopi di rest area Detusoko,bertemu bule2 dan belepotan speaking,menikmati kue putu Ende,semuanya terekam indah dimemori.
Itulah kenikmatan surgawi,berjalan dan bersyukur diberi waktu dan kemudahan menapakinjejak demi jejak sejarah dan indahnya alam.

NB : Tarif hotel GB/malam : Rp.550.000,-
Sewa Motor/hari : Rp.100.000,-
Homestay di Moni/malam : Rp.100.000,-
Tiket Ppku Merpati : ± Rp.1.000.000,-
2 Canon : Mine n Tedy’s mine (teman” BI”ku)
Duitnya jatah perjadinku lho!Pintar2lah memaksimalkan waktu,dan memanfaatkan situasi untuk meminimalizir duit”JJ