Sabtu, 22 Oktober 2016

TENGKUSIWA Wonderfull Waterfall from Ruteng



TENGKUSIWA Wonderfull Waterfall from Ruteng


Destinasi wisata favoritku adalah air terjun.
Itu sebab diriku sangat bersemangat ketika melihat TENGKUSIWA di posting di FB bahkan oleh Kraeng yang tidak kukenal sama sekali.
Berawal dari Pemilik akun FB Om Arka Dewa membagikan postingan Kreang Geri Vitalis tentang tempat wisata baru yang spektakuler di Manggarai, menurutku dan memang sungguh Spektakuler!!!!
Aku memberanikan diri menghubung mereka,pertama karena tekatku benar2 kuat bahwa aku harus sampai disini, dan yang kedua terbaca dari postingan2 Kraeng Gerri bahwa mereka juga sangat excited saat orang lain tau ada wisata baru di bumi Manggarai kesayangan mereka.


 
That’s why i’m not affraid and just contact him to schedule my trip.
Perjalanan ke TENGKU SIWA yang treletak di Desa Sambor,Kec. Reok Barat Kab Manggarai lumayan jauh.
Dari Ruteng kota menuju Reo dengan waktu tempuh kuranglebih 3 jam sambil menikmati terasering sepanjang jalan,.jalan sempit yang membelah puncak puncak bukit gunung,dan turun ke lembah,desepanjang jawaln terdapat papan warning “AWAS,BAHAYA LONGSOR!”
Namun 1 meter dari papan itu ada rumah rumah warga,tebing tebing yang bisa sewaktu2 luruh isi tanahnya ketika hujan turun dengan derasnya.
Ruteng Reo INDAH!!
Taukah kamu,aku sudah membelah jalan Palopo Tarojo,Malino Lembana,Dieng,Tengger Bromo,Sumba dari timur ke Barat,Pulau Timor namun semuanya terkalahkan nyaliku oleh Ruteng Reo!
Kabut berarak datang dan pergi,perjalanan yang sungguh menyenangkan.
Sawah sawah hijau menguning bahkan menua,bunga kemiri bermekaran menutup kekejaman bibir jurang yang sewaktu waktu menelan nyawa jika tak berhati hati.
Wallahuallam.
Dari Reo menuju rumah Kraeng Gerri,diterima dengan sukacita serasa keluarga sendiri,bermalam di Reo dan esok paginya melanjutkan perjalanan ke Reok Barat melewati jalur2 sempit yang diapiti jurang jurang sepanjang jalan,.Desa ToE,Pagong,Nggalak,2 jam perjalanan melewati jalur utara Ruteng Labuan akhirnya sampai dihutan tempat parkir kendaraan,dan selanjutnya berjalan kaki melewati kebun2,menuruni tebing,sempat melewati kali yang airnya cukup deras..
Benar benar destinasi perawan,kami kloter ke 3 yg menyambangi air terjun terbaik ini.
Kakiku sayang kakiku malang,meskipun sudah tak sesehat dulu namun ia tetap menopangku mengimbangi kuat nya hasratku akan tempat yg ingin kugapai.
Menuruni tebing tanpa akses jalan,tanah licin sehabis hujan,SUMPAHHHH sangat melelahkan namun perlahan gemericik air terdengar,tampak riak warna putih begitu indah jatuh dari atas ketinggian sekitar 75m,selamat membayangkan pemirsa,aku bahkan terguling2 dan lupa bahwa celanakuku penuh lumpur.
TENGKUSIWA Sungguh GAGAH!
YA Allahu Rabbi,Terimakasih atas semua kebaikan n cinta kasih yang Engkau siapkan untuk emngantaku hingga tempat ini.
Tak ada kata,.
Merindng,
Hanya ada decak kagum,
Haruku memaksa bulir bulir kecil berlinang dari kelopak mataku,
How  Lucky I’M..Thanks God!Many Thanks..
TENGKU SIWA menurut cerita rakyatnya bermula dari seorang pemuda tampan yang diperebutkan banyak gadis gadis.
IA tak memilih satupun dari mereka namu memilih mengakahiri hidupnya di tempat ini,di TENGKU SIWA..
Sungguh,cintaku pada air terjun semakin membuatku terjatuh dalam hasrat jalan2ku,.
Hentakan air menghantam bebatuan,.tenang2 menghanyutkan,.aku suka Air!!!
Terimakasih Kraeng Geri,KA Ricki Kurniawan n saudara Solor yg jdi anak rantau di Ruteng,Terimakasih atas tangguhnya kuda kuda mereka,meski sempat terganggung dengan lumpur yang menempel pada ban ban motor namun pada akhirya,semuanya PUAS!!

No Pain No Gain,haaa?
Lelahku hilang,sepatu basah yg membungkus kakiku yang bisa saja sedang berteriak minta tolong tak lagi kurasa,hilang semuaaanya!
Pulang ke Ruteng melewati jalur Pantura,menyusuri gereja gereja tua,kuburan umat katolik pertama di Gua Maria Paralando,Desa Piso,banyak lagi desa desa yg terlupakan,sekali merengkuh dayung 2 3 pulau terlampaui,aku melintasi timur hingga barata utara tembus selatan Manggarai Raya,Trmksih Kraeng Gerri.
Tiba di Ruteng pukul 07 malam,disambut wajah penuh keheranan Abang security KPPNJJ
Allah Maha Baik,Sungguh Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar